Senin, 15 April 2013

Membuka Usaha Rumah Makan Padang


Rumah makan Padang adalah salah satu jenis restoran yang menyediakan menu yang spesifik dan khas, karena hanya menjual masakan Padang. Namun walaupun sangat spesifik, rasa masakan Padang sangat cocok dengan rata-rata selera lidah orang Indonesia. Selain rasanya enak, beberapa jenis masakannya juga terkenal awet sehingga menghemat bahan baku dan waktu memasak.
Cara memasak masakan padang
Berbagai bahan makanan yang diperlukan untuk membuat masakan Padang juga sangat mudah ditemukan di sini dengan harga murah. Dengan berbagai keunggulan ini, tidak heran banyak orang yang tertarik membuka rumah makan Padang. Hal ini membuat usaha rumah makan Padang ketat dengan persaingan. Karena itu, perlu adanya suatu rencana bisnis yang matang dalam memulai usaha makan Padang ini, antara lain :

1. Bukalah usaha ini di tempat yang strategis, banyak orang lalu-lalang, di pinggir jalan raya yang cukup banyak kendaraan yang lewat. Tempatnya tidak perlu terlalu besar dulu, sesuaikan dengan modal dan toleransi Anda menghadapi resiko usaha. Cukup kecil-kecilan saja dulu, misalnya hanya dengan ukuran 3x7 m atau 3x5 meter pun masih bisa (sedikit tempat parkir penting juga). Jangan lupa memberi nama yang mudah dikenal dan mudah diingat orang pada usaha rumah makan Anda.

2. Usaha masakan Padang juga sangat sensitif terhadap rasa, karena itu penting sekali ada tukang masakan yang betul-betul ahli di bidangnya. Juallah masakan yang terbaik dan bermutu tinggi. Jangan coba-coba membuka rumah makan jika tidak ada juru masak yang hebat masakannya. Sebaiknya Anda lakukan beberapa kali percobaan tentang enak tidaknya masakan yang akan dijual dengan melibatkan beberapa orang sebagai "konsumen". Setelah mereka semua menyatakan enak, Anda baru boleh membukanya.

3. Sebaiknya Anda juga mengurus izin usahanya. Bisa izin usaha dari RT/RW atau keamanan setempat. Namun secara prinsip, yang saya maksudkan adalah berbadan hukum, yaitu dengan akte notaris. Hal ini sangat diperlukan bila usaha Anda di pinggir jalan raya, dan melibatkan beberapa pekerja.

Tidak perlu mendirikan PT/ CV, misalnya cukup status UD (Usaha Dagang) milik perseorangan, yaitu Anda, yang disahkan oleh notaris. Kemudian perizinan lain seperti NPWP. Namun jangan sampai izin usaha ini justru menghalangi niat Anda mendirikan usaha. Toh bisa bertahap: izin RT dulu, sambil jalan, usaha makin ramai makin laris, izin usaha makin dilengkapi.

4. Persiapan selanjutnya adalah mencari modal uang. Kebetulan sekali Anda sudah mempunyai modal yang berasal dari modal patungan bersama kakak dan mertua, sehingga berikutnya adalah tinggal membagi porsi kepemilikan usaha. Jangan lupa ditekankan bahwa yang dibagi tidak hanya keuntungan, tetapi juga kerugian. Jika semua pihak yang menyetor modal juga aktif berpartisipasi dalam menjalankan usaha, maka untung rugi perusahaan dibagi berdasarkan besar kecilnya modal.

Misal total modal Rp 10 juta. Anda menyumbang Rp 4 juta, kakak Rp 3 juta dan mertua Rp 3 juta. Maka porsi pembagian keuntungan adalah Anda mendapat 40% : Kakak 30% : mertua 30%. Namun mungkin Anda perlu pertimbangkan karena memakai halaman rumah mertua, maka bisa diberikan porsi yang lebih besar dibandingkan kepada kakak Anda.

5. Mengenai masalah perhitungan biaya usaha, maka bisa diatur sebagai berikut :

A. Modal awal mendirikan usaha seperti, mendirikan bangunan, membeli peralatan masak, peralatan makan, dan perizinan

B. Modal pembelian persediaan bahan baku seperti bahan masakan (daging, beras, bumbu, sayur, dll), dan juga minuman

C. Modal operasional seperti gaji karyawan (jika ada) listrik, gas, telpon, dll. Khusus untuk modal pembelian bahan baku dan modal operasional, sebaiknya disiapkan untuk minimal 3 bulan ke depan, agar usaha tetap dapat berjalan selama 3 bulan pertama dan belum menghasilkan keuntungan.

Selamat membuka usaha rumah makan Padang.

1 komentar:

  1. SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

    Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG GAIB
    3.JUAL TUYUL MEMEK
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<

    BalasHapus

TERIMAKASIH TELAH MENGUNJUNGI WEBSITE KAMI SEMOGA ANDA MENEMUKAN PELUANG BISNIS YANG ANDA CARI DAN SUKSES .